Cara Menyulap Ponsel Android Kamu Menjadi Konsol PSP

Ilustsrasi game mobile (Shutterstock).

PSP atau PlayStation Portable mungkin adalah salah satu konsol yang paling populer di Tanah Air. Pada masanya konsol game kecil ini jadi impian anak-anak.

Jika kamu salah satu yang pernah memimpikan punya konsol bikinan Sony ini tetapi tak pernah bisa mewujudkannya, maka jangan khawatir. Ponsel pintar Android kamu saat ini sudah bisa disulap menjadi PSP.

Serius? Tentu saja! Simak proses menyulap ponsel Android menjadi PSP ala JalanTikusberikut:

Pertama, install Aplikasi PSP Emulator

Dilansir dari Ubergizmo, ada banyak emulator PSP yang tersedia di Google Play Store namun dalam tutorial ini kita akan menggunakan salah satu emulator PSP terbaik yaitu PPSSPP. 

Aplikasi ini open-source dan bisa kamu unduh secara gratis. Kelemahannya, seperti biasa, kamu akan menemukan iklan.

Jika kamu menyukai emulator PPSSPP, kamu bisa upgrade ke versi yang berbayar untuk membantu pengembang dan menghapus iklan. Namun, fitur lainnya tetap sama dan bedanya ikon aplikasi akan berwarna emas.

Silakan download aplikasi PPSSPP di Google Play Store. Namun sebagai catatan, aplikasi ini tidak dilengkapi dengan game PSP. Artinya kamu harus menyediakan sendiri game-game PSP koleksi kamu dengan format file ISO atau CSO.

Langkah kedua, unduh game-game PSP ke ponsel kamu.

Kamu harus download terlebih dahulu game PSP favorit kamu yang berformat ISO. Caranya gampang, tinggal search di Google dan kamu akan menemukan berbagai situs yang menawarkan game PSP secara gratis.

Kebanyakan game PSP berformat ISO memiliki ukuran yang cukup besar, bahkan banyak yang di atas 1GB. Jika file yang kamu download berformat RAR atau Zip, kamu harus mengekstraknya terlebih dahulu.

Ketiga, cara menggunakan PPSSPP

Setelah kamu install aplikasi emulator PPSSPP di smartphone Android kamu dan telah mengunduh game-game PSP maka sekarang saatnya menikmati. Caranya sangat sederhana kok.
1. Pastikan game PSP berformat ISO telah kamu pindahkan ke ponsel Android kamu.
2. Buka aplikasi PPSSPP di Android dan arahkan ke tab Games.
3. Di sini kamu akan menemukan semua folder ponsel kamu, arahkan ke folder di mana kamu menyimpan file ISO.
4. Sekarang, tinggal tekan di atasnya untuk memulai permainan.
5. Tombol virtual gamepad akan muncul di layar dan kamu dapat menyentuh mereka untuk menggunakannya.
6. Pengalaman tidak akan sebagus PSP nyata dengan tombol fisik, tetapi dengan seiring waktu kamu akan dapat menguasainya.
7. Kamu juga bisa menyesuaikan pengaturan untuk meningkatkan kinerja.
8. Tekan Settings di antarmuka utama, dan kamu akan menemukan semua opsi untuk men-tweak.

Kamu dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan, tetapi jika kamu ingin meningkatkan kinerja game, maka kamu bisa mendapatkan bantuan dari Panduan PPSSPP tester solarmystic.

Itulah cara main game PSP dengan emulator PPSSPP di Android. Harap dicatat pula, performa game juga tergantung pada spesifikasi ponsel Android yang kamu miliki. Beberapa game mungkin akan bekerja sedikit lebih lambat dan beberapa bahkan mungkin tidak bekerja sama sekali. 
Selamat mencoba!


sumber : suara.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.