Di Sadari Atau Tidak,Ternyata 5 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Baterai Laptop Anda Cepat Rusak

Di era serba digital seperti sekarang, laptop adalah perangkat yang paling banyak dibutuhkan dan digunakan. Mulai dari digunakan untuk mengerjakan tugas sampai sekadar memainkan games.
Sayangnya saking sering digunakan, terkadang kita gak sadar banyak kebiasaan sepele atau kebiasaan sehari-hari yang ternyata bisa bikin baterai laptop cepat rusak. Berikut beberapa di antaranya!

1. Mencabut baterai saat dipakai.
1-6f74c0570865cc49383c5095a2db9160.jpg
Banyak dari kalian berpikir mencabut baterai laptop saat dipakai adalah langkah tepat. Namun, kebiasaan sepele yang biasa kamu lakukan ini ternyata bisa bikin baterai laptop cepat rusak karena saat dicabut maka daya utama hanya berasal dari sumber listrik colokan.
Bahayanya, saat listrik mati maka otomatis laptop yang baterainya dicabut akan mati pula dan bisa meningkatkan risiko merusak hardisk atau komponen hardware laptop lainnya lho!

2. Menggunakan laptop di atas benda empuk.

Kebiasaan satu ini mungkin paling sering dilakukan. Soalnya memang nyaman banget menggunakan laptop di atas benda empuk seperti kasur sambil tidur-tiduran alias bersantai.
Namun ternyata, kebiasaan ini bisa bikin baterai laptop jadi cepat rusak lho guys! Sifat kasur dan benda empuk lainnya yang lembut itu menyerap panas dan menutup keluarnya hawa panas yang dikeluarkan laptop. Jika dibiarkan terus menerus, bukan gak mungkin hal ini bisa bikin laptopmu jadi panas berlebih atau over heat dan akhirnya bikin baterai jadi gampang banget rusak.

3. Menunda isi daya saat persentase baterai tinggal 20 persen.

 

 
Ah, 20 persen itu masih banyak kok! Nanti saja lah isi dayanya.
 
Gak bisa dipungkiri, hal ini mungkin yang kerap kamu pikirkan pas daya baterai tinggal 20 persen. Dengan alasan masih banyak, kamu pasti malas segera mengisi daya baterai laptopmu lagi.

Padahal, membiarkan daya baterai sampai angka 20 persen itu gak baik lho. Pasalnya, menunda-nunda pengisian daya baterai bisa memperpendek usia dari baterai laptop itu sendiri lho!
Sebagai solusi, kamu mungkin bisa mengatur Power Options (yang pengaturannya berbeda di laptop masing-masing) agar laptopmu bisa mati secara otomatis sebelum baterai mencapai angka 0 persen atau angka tertentu.

4. Membiarkan charger tetap menancap pada laptop padahal daya baterai sudah penuh.

Ini mungkin kebiasaan yang sering kamu lakukan saat memakai laptop. Memang sih dampaknya gak bakal kelihatan dalam waktu dekat, tapi membiarkan charger tetap menancap pada laptop saat daya baterai sudah penuh bisa bikin baterai terus mengisi dan bikin daya baterai jadi berlebihan alias gak sesuai dengan kuotanya.
Kuota daya yang berlebihan ternyata dapat membuat baterai dan komponen hardware lainnya jadi terpapar panas lho! Paparan panas yang berlebihan atau yang biasa dikenal dengan istilah over heat ini ternyata bisa mengurangi performa baterai laptopmu dan juga dapat memperpendek usia baterai.

5. Sembarangan men-charge!

Maksud sembarangan men-charge disini adalah kebiasaanmu mengisi daya baterai laptopmu pada tegangan atau voltage yang gak pas. Ya, men-charge pada colokan dengan tegangan listrik terlampau tinggi kabarnya dapat membuat baterai jadi cepat rusak.
Soalnya, tegangan listrik yang terlampau tinggi bisa bikin adaptor dan laptop jadi cepat rusak. Selain itu, bisa jadi proses pengisian daya akan jadi lebih lama dan baterai seolah-olah terisi penuh padahal sebenarnya tidak.
Sayang banget kan? Maka dari itu, mulai sekarang jangan lakukan kebiasaan-kebiasaan ini lagi ya!

sumber : idntimes.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.