Inilah 5 Cara Yang Terbukti Ampuh Cegah Pencuri Mengambil Ponsel Anda



Manusia memang tidak bisa terlepas dari sifat lalai dalam menjaga barang-barang berharga. Wajar jika banyak orang yang memanfaatkan kelalaian orang dengan mencuri barang-barang berharga milik Anda. Apalagi bila barang yang Anda miliki bernilai jutaan.
Ponsel yang semakin canggih memiliki harga yang sepadan pula. Selain itu, benda seukuran genggaman tangan tersebut juga memiliki resiko untuk dicuri. 

Mengutip dari laman Irish Times, berikut adalah cara untuk mencegah pencuri mengambil ponsel Anda.

1. Jangan letakkan ponsel tanpa pengawasan
Memang saran ini sangat umum, dan sering Anda dengar. Namun saran tersebut memiliki alasan karena benda tanpa pengawasan mudah sekali untuk diambil. Hindari kebiasaan meninggalkan ponsel Anda di meja restoran, atau tempat umum lainnya.

Juga jangan tinggalkan di dalam kendaraan yang mudah terlihat. Usahakan untuk tidak menggunakan ponsel jika dalam kendaraan umum.

Saat sedang menunggu ditempat umum pun usahakan agar tidak mengunakan ponsel Anda di tempat-tempat yang memungkinkan pencuri menjambret ponsel Anda dan kabur dengan mudah.
2. Ketahui nomor IMEI ponsel Anda
Dua dari tiga orang yang melaporkan ponselnya hilang tidak mengetahui nomor identifikasi unik yang ada diponsel, atau yang biasa disebut IMEI. 

Untuk pengguna Android, nomor IMEI terletak pada bagian belakang baterai, sementara pada iPhone terdapat pada tutup belakang ponsel tersebut. Anda juga bisa menekan *#06# untuk sebagian ponsel. Simpan nomor IMEI tersebut untuk berjaga-jaga bila ada masalah.

3. Simpan data cadangan di penyimpanan data online
Ponsel Anda jelas memiliki data-data penting seperti nomor teman Anda, kumpulan foto, video ataupun dokumen. 

Miliki cadangan setiap hal penting dengan menyimpannya secara online lewat aplikasi seperti iCloud maupun Google Drive. Dengan begitu, apabila ponsel Anda dicuri, data-data di dalamnya masih bisa kembali pada Anda.

4. Unduh aplikasi pelacak ponsel
Ada ratusan aplikasi yang menawarkan fasilitas pelacakan ponsel. Cukup dengan mengaktifkan GPS dan masuk ke dalam akun yang digunakan pada ponsel, Anda bisa memanfaatkan aplikasi tersebut untuk melacak ponsel bila dicuri.

Akan tetapi biasanya aplikasi ini memiliki kekurangan, yaitu aplikasi ini berhenti melakukan pelacakan apabila ponsel telah dimatikan. Jadi usahakan untuk gunakan fitur ini saat Anda menyadari dimana terakhir Anda meletakkan ponsel.

5. Gunakan perangkat hands free
Earphone merupakan salah satu perangkat hands free yang menghindari penggunaan handphone secara langsung dari tangan Anda. 

Dengan begitu, resiko kehilangan ponsel akan berkurang. Hindari menyimpan handphone ditempat yang mudah dicuri orang.
(Shabrina Aulia Rahmah/Ysl)

sumber : liputan6.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.