Waspadalah, Inilah 5 Tanda Ponsel Kamu Kena Sadap

Ilustrasi hacker mencuri informasi (Shutterstock).

Tahun 2016 ditandai oleh ramainya kasus peretasan dan penyadapan perangkat telekomunikasi. Mulai dari peretasaan email Partai Demokrat di Amerika Serikat hingga terbongkarnya pembobolan Yahoo hingga bocornya data milik jutaan pengguna.

Peretasan dan penyadapan tak boleh dianggap remeh. Para penjahat di balik kegiatan kriminal seperti ini bisa memanfaatkan data yang dirampas dari perangkat teknologi kamu untuk banyak hal, dari pemerasan, penjualan data-data pribadi sensitif, hingga membobol tabungan kamu.

Karenanya kamu harus hati-hati dalam aktivitas online dan kamu perlu tahu tanda-tanda ketika ponsel kamu diretas. Berikut adalah lima tanda ponsel kamu diretas menurut JalanTikus:

1. Ada Aplikasi yang Tidak Dikenal
Untuk menyadap smartphone, biasanya hacker atau pihak terkait harus memasang aplikasi tambahan di smartphone target. Hacker ini biasa menyembunyikan aplikasi tersebut.

Untuk mengakalinya, coba cek di menu Settings - Apps atau Application Manager, lalu cek apa ada aplikasi asing di smartphone kamu. Kalau ada aplikasi mencurigakan yang tak pernah kamu unduh dan instal, sebaiknya kamu menghapusnya segera. Bisa jadi, itu adalah malware atau aplikasi mata-mata.

2. Baterai Mudah Habis dan Panas
Untuk mengirim data-datamu, aplikasi mata-mata yang diinstal hacker harus berjalan terus di background. Dampaknya smartphone kamu pasti jadi gampang panas dan baterai boros.
Cek pemakaian bateraimu deh. Kalau ada program aneh yang terus berjalan, bisa jadi smartphone kamu disadap orang.

3. Kuota Boros
Selain boros baterai karena ada aplikasi asing berjalan di background, smartphone yang disadap juga biasanya boros kuota. Hal ini karena aplikasi asing terus mengirimkan data ke luar tanpa kamu ketahui.

4. Smartphone Lemot
Sering merasa smartphone kamu lemot  waktu menjalankan aplikasi atau game? Kalau saat menjalankan aplikasi ringan smartphone kamu sering lemot, bisa jadi ada malware yang bekerja untuk mengirimkan data ke orang lain.
Bayangkan saat kamu chatting, ternyata di waktu bersamaan aplikasi mata-mata yang terinstal juga ikut bekerja. Jadinya berat.

5. Sering Muncul Iklan Pop Up
Aplikasi untuk menyadap smartphone ada juga yang tidak bisa berjalan otomatis loh. Ada yang menggunakan iklan pop up sebagai pemicu untuk mengaktifkannya. Jadi, ketika kamu klik iklan tersebut, maka aplikasi mata-mata akan aktif.

Apa salah satu dari 5 tanda smartphone kena hack tersebut ada pada smartphone kamu? Kalau iya, segera format smartphone kamu ke setelan pabrik agar aman.


sumber : suara.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.