inilah alasan kenapa harus memilih tinta yang asli

Kenapa Harus Pilih Tinta Asli?

Tidak bisa dipungkiri, peredaran tinta printer non-original di Indonesia termasuk yang terbesar di dunia.
Beragam merek tinta dan cartridge printer yang diklaim kompatibel dengan printer yang beredar di pasaran dapat dengan mudah didapatkan.
Tinta printer non-original ini juga dijual dengan harga yang menggiurkan, menjadikan mereka alternatif yang menarik bagi konsumen.
Meski demikian, ada banyak alasan mengapa tinta printer non-original tidak direkomendasikan.
Pernah mendapati hasil cetak yang tidak konsisten? Atau masalah dengan printer head seperti penyumbatan dan kerusakan yang lebih parah? Permasalahan-permasalahan semacam ini umumnya disebabkan oleh kualitas tinta yang tidak memenuhi standar.
Ada beberapa alasan kenapa tinta printer asli tetap merupakan pilihan terbaik bagi printer Anda. Berikut beberapa alasan menarik yang kami temukan berdasarkan pengamatan kami.
Lebih Murah Dari Yang Dibayangkan
Mencetak dengan tinta printer asli sebenarnya tidak semahal yang dibayangkan. Produsen printer seperti Brother Indonesia kini menyediakan printer dengan cartridge tinta yang bisa Anda isi ulang sendiri.
Ini berarti Anda tidak perlu lagi membeli cartridge baru setiap kali tinta printer Anda habis.
Khusus untuk printer Brother Indonesia seperti DCP-T300DCP-T500w dan DCP-T700w yang memiliki cartridge yang dapat diisi ulang, harga tintanya juga tidak semahal yang dibayangkan.
Secara resmi, tinta hitam untuk printer T-Series ini dijual dengan harga Rp 99.000. Harga tersebut memungkinkan Anda mencetak hingga 6.000 halaman dokumen hitam-putih. Ini berarti biaya cetak per lembar tidak lebih dari Rp 16,5.
Demikian juga dengan tinta Cyan, Magenta dan Yellow untuk cetak berwarna, masing-masing dijual dengan harga yang sangat terjangkau dan dapat digunakan untuk mencetak hingga 5.000 halaman berwarna. Cetak foto atau dokumen penuh warna kini jauh lebih terjangkau.
Perlu diingat juga bahwa tinta isi ulang original sudah didesain sedemikian rupa agar bekerja baik dengan printer head milik printer T-Series, sehingga risiko kerusakan dan masalah lain dapat dihindari.
Biaya perbaikan printer head yang rusak tentunya lebih besar dari jumlah yang bisa dihemat ketika Anda memilih untuk menggunakan tinta non-original.
Hasil Cetak Berkualitas dan Konsisten
Keuntungan lain yang bisa didapat dengan menggunakan tinta printer asli adalah hasil cetak yang berkualitas tinggi dan konsisten.
Terkadang kita lupa kalau ada banyak teknologi yang diterapkan dalam proses produksi tinta untuk printer.
Tinta printer harus mampu bertahan pada tingkat kekentalan tertentu di suhu yang sangat tinggi ketika melewati printer head. Konsistensi dan kualitas tinta jadi sangat penting untuk menjaga kualitas hasil cetak yang prima.
Pada pencetakan dokumen hitam-putih saja, perbedaan kualitas hasil cetak antara printer yang menggunakan tinta asli dan tinta non-original dapat dengan mudah terlihat.
Huruf yang tercetak lebih tajam dan kualitas cetak lebih konsisten. Perbedaan ini semakin jelas terlihat ketika printer digunakan untuk mencetak dokumen berwarna atau foto, dengan resolusi cetak yang lebih besar.
Garansi Terjamin
Hal lain yang menjadi alasan untuk tetap menggunakan tinta original adalah garansi yang ditawarkan produsen printer.
Printer Brother T-Series misalnya, hadir dengan garansi 3 tahun atau 30.000 lembar, tergantung mana yang tercapai lebih dulu.
Dengan garansi yang lebih panjang, Brother Indonesia sebagai produsen menjanjikan kualitas produk dan layanan purnajual yang dapat diandalkan.
Tentunya, garansi ini hanya berlaku ketika Anda menggunakan tinta printer asli yang diproduksi Brother Indonesia.
Ketika Anda memilih untuk menggunakan tinta printer isi ulang non-original dari produsen tinta lain, Anda juga memilih untuk menggugurkan garansi yang diberikan.
Ini berarti Anda tidak bisa menggunakan layanan purnajual Brother Indonesia secara gratis jika terjadi kerusakan pada printer.
Anda mungkin bisa berhemat sedikit ketika memilih untuk menggunakan tinta printer non-original, tapi potensi biaya yang dikeluarkan di masa yang akan datang justru lebih besar.
Buat apa hemat sesaat kalau nantinya malah repot? Selalu gunakan tinta printer asli untuk menikmati manfaat-manfaat ini.
sumber : tribunnews.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.